Tuesday

Cara Budidaya atau ternak Ikan Guppy

Salam sejahtera buat para penghobi dan pejuang perikanan semua.
Kali ini saya ingin berbagi tips cara budidaya ikan guppy nih..
habitat ikan guppy ini awalnya ditemukan di daerah sungai dan danau yang kemudian dibudidayakan karena para penghobi melihat keindahan dan potensi yang cukup baik pada ikan yang satu ini.

Gambar ikan guppy

Sebelum melakukan alngkah lebih baik untuk kita mengetahui jenis-jenis ikan guppy yang memiliki keindahan dan harga yang menggiurkan. Untuk artikel jeni-jenis ikan guppy dapat kita basca disini jenis-jenis ikan guppy.
Ikan guppy ini dapat kita berikan pakan berupa pakan pelet dengan ukuran kecil,, kalau saya biasa menggunakan pakan udang karena memiliki protein yang tinggi. akan tetapi jika pemberian terlalu banyak maka akan menimbulkan sisa pakan dan menghasilkan fases dalam jumlah banyak sehingga akan menimbulkan perairan yang toksik akibat tingginya kandungan amoniak didalamnya.
Pemijahan ikan guppy umumnya sangat mudah karena tidak membutuhnkan banyak media dan peralatan.
Adapun langkah-langkah dalam memijahkan atau membudidayakan ikan guppy yaitu:
1. Mempersiapkan tempat pemijahan
    Tempat pemijahan ikan guppy dapat menggunakan akuarium atau kolam dengan ukuran paling kecil 25 cm x 25 cm hingga 40 cm x 40 cm.


Gambar akuarium dan kolam

Wadah yang ada dicuci bersih agar tidak terdapat bibit penyakit yang dapat menyebabkan ikan guppy terkena penyakit. Dalam tempat pemijahan dilakukan pengisian air dengan menyisakan 5 cm dari ketianggian wadah. Setelah air siap, maka diberikan tanaman air berupa ecenggondok atau hidrila atau dapat menggunakan tanaman air lainnya.


Gambar tanaman air

Tanaman air diberikan dengan jumlah yang tidak menutupi seluruh permukaan air karena akan mengganggu kita dalam melakukan pengecekan dan pemberian pakan.
2. Seleksi induk
    Seleksi induk perlu dilakukan untuk meyukseskan pimijahan ikan guupy. Adapun hal-hal yang perlu kita lakukan dalam melakukan selksi induk yaitu dengan membedakan jantan dan betina, membedakan matang gonad dan belum matang gonad.
Membedakan jantan betina dapat dilakukan pada ikan guppy yang telah berumur 4 bulan.
Perbedaan ikan guppy jantan dan betina dapat dilihat pada gambar.


Gambar ikan guppy jantan dan betina

Pada ikan guppy jantan bercirikan dengan sirip ekor yang panjang dan warnanya lebih cerah, ukurannnya tubuhnya lebih kecil dibandingkan betina dan lebih gesit.
Pada ikan guppy betina bercirikan dengan sirip yang lebih pendek, warnanya yang tidak terlalu cerah, tubuhnya lebih besar dengan umur ikan guppy sama dan gerakannya tidak lincah atau gesit.
Ikan guppy yang telah matang gonad biasanya berumur empat bulan atau secara fisik yitu sirip ikan telah memiliki warna dan telah dapat dibedakan antara jantan dan betina.
Ikan guppy dapat dikatakan dengan ikan poligami karena pemijahan yang dilakukan dalam satu akuarium berisikan satu ekor ikan guppy jantan dan dua atau tiga ekor ikan guppy betina. Penggunaan perbandingan jumlah jantan dan betina yang dilakukan merupakan perbandingan yang paling sesuai karena sperma ikan jantan tidak terlalu banyak dibutuhkan oleh betina.
Kenapa begitu???
Karena betina dapat menyimpan sperma jantan dalam perutnya hingga enam bulan maka jumlah jantan tidak terlalu dibutuhkan dalam proses pemijahan.

Mungkin saat ini hanya ini yang dapat saya bagikan pengalaman saya. Apabila ada pertanyaan maka dapat ditanyakan dengan komen dibawah atau dapat menghubungi lewat contact me yang tersedia. Jika ada hal yang salah maka saya akan sangat menerima kritik dan saran yang sangat membangun. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment