Friday

Ikan Kecil dengan Sejuta Keindahan (Ikan Cupang Betta sp)

Ikan kecil dengan Sejuta keindahan yang diberikan... begitulah saya mengungkapkan bagaimana kondisi ikan yang akan saya bahas nanti... ikan apakah itu.. coba anda perhatikan gambar dibawah...



pasti para penghobi ikan sudah pada tahu ikan jenis apa itu..
ya benar itu adalah ikan cupang..

ikan cupang merupakan ikan primadona penghobi ikan karena memiliki keindahan yang tak pernah bosan untuk dipandang dan sangat mudah dalam perawatannya. sebelum saya membahas bagaimana perwatannya maka akan lebih baik kita mengetahui beberapa jenis ikan cupang sendri. ikan cupang merupakan ikan dengan berbagai jenis.seperti halnya dapat kita lihat dibawah ini.


baiklah saya akan menjabarkan beberapa jenis ikan cupang,,
1. ikan cupang jenis Halfmoon

ikan ini berciri-ciri dengan sirip yang panjang dan membulat seperti setengah bulan. karena siripnya yang panjang maka membutuhkan pemeliharaan yang benar-benar baik dan teratur agar keindahan siripnya tidak rusak.

2. Cupang Plakat


cupang ini bercirikan sirip yang lebih pendek dibandingkan dengan  halfmoon. karena sirip yang tidak panjang maka perawatannya lebih mudah dibandingkan dengan cupang sirip panjang. cupang plakat tidak akan pernah pudar karena banyak sekali para breader yang selalu melakukan riset untuk menghasilkan jenis plakat dengan warna-warna yang selalu menarik.

3. Cupang Giant

cupang giant merupakan jenis cupang terbesar untuk saat ini. cupang giant ini merupakan hasil persilangan sehingga menghasilkan cupang dengan ukuran tubuh yang jauh lebih besar. cupang ini bisa mencapai 8 cm.

4. Cupang Big Ear


cupang big ear bercirikan dengan sirip yang berada dekat dengan kepalanya. sirip yang besar dan terlihat seperti telinga itu lah yang menjadikan alasan mengapa disebut dengan big ear. cupang jenis ini membutuhkan perawatan yang benar dan teratur karena merupakan jenis ikan cupang yang bersirip panjang. apbila siripnya rusak maka keindahannyapun sudah berkurang.

5. Cupang Alam


cupang ini merupakan cupang yang ditemukan di alam seperti rawa, pinggiran danau, dan pinggiran sungai.. ikan ini tidak memiliki warna yang jelas karena belum ada campur tangan manusia dalam produksi ikan cupang alam ini. akan tetapi dalam segi harga saat ini cupang alam merupakan cupang dengan nilai harga yang cukup mengejutkan yaitu Rp. 100.000 hingga 2Rp. 2.000.000. dalam segi harga memang kita dapat diskusikan dengan penjual sehingga kita dapat harga yang paling optimal bagi pembeli maupun penjual.

6. Cupang Crown Tail/ Serit

crown tail merupakan cupang dengan ciri sirip yang menyerupai sisir. dengan sirip yang seperti itu maka bnyak orang mengatakan bahwa itulah mahkota yang dikenakan oleh ikan.. sirip yang panjang dan jarang membutuhkan perawatan yang benar agar sirip tidak mudah rusak.

7. Cupang Double Tail
double tail merupakan jenis ikan cupang yang ditemukan dari kelainan gen. karena keadaannya yang menarik maka dikembangkanlah double tail. sirip ekor yang membelah menjadi dua ini terlihat unik dengan belahan yang simetris antara atas dan bawah sirip.

8. Cupang Sayur


cupang sayur merupakan cupang yang tidak masuk dalam ke 7 kategori diatas. sehingga dalam segi harga maka cupang ini sangat jauh dibandingka dengan yang lainnya. akan tetapi cupang sayur ini juga merupakan salah satu jenis ikan cupang yang menghasilkan income yang cukup besar. banyaknya jumlah cupang sayur biasanya dipasarkan kedepan sd dan daerah-daerah ramai sehingga banyak orang mencari. bahkan di beberapa daerah cupang sayur tidak dinikmati keindahannya melainkan rasanya yang enak. ya benar cupang sayur ini biasa di masak dengan resep bumbu-bumbu andalan masing-masing sehingga menghasilkan makanan dengan cita rasa yang lezatt..

ayo buruan pelihara ikan cupangnya.. mbak yang satu ini aja udah pelihara.. masa kamu enggak... :)


cukup sekian dari apa yang dapat saya jelaskan.. saya sangat menerima kritik dan saran yang dapat membangun agar terciptanya penulisan yang lebih baik lagi..

4 comments:

  1. emang indah ikan kayak gini mah,, :D
    salam blogger. :D

    ReplyDelete
  2. mantap deh artikelnya... semoga bisa ngikutin perkembangannya

    ReplyDelete